Cara membuat artikel yang baik dan benar dan lebih dari 1000 kata untuk mendongkrak trafik Blog dan kualitasnya

Cara membuat artikel yang baik dan benar dan lebih dari 1000 kata untuk mendongkrak trafik Blog dan kualitasnya

KelasnyaBlogger - Ketemu lagi, dalam kelas kali ini saya akan membahas lengkap Cara membuat artikel yang baik dan benar dan lebih dari 1000 kata untuk mendongkrak trafik Blog dan kualitasnya yang mungkin masih banyak dibutuhkan oleh blogger-blogger pemula kita. Artikel panjang sangatlah baik untuk blog. Hal yang paling dipengaruhi oleh artikel panjang adalah page one google. Dengan artikel panjang kita dapat menguasai page one bahkan untuk kata kunci yang sulit. Mungkin akan muncul pertanyaan dari teman-teman Apakah artikel pendek tidak baik untuk SEO ? Apakah wajib artikel panjang ? Tenang saja, kita akan membahasnya satu persatu. Blogger yang saya kenal yang suka buat artikel panjang sampai 1500 kata lebih adalah mas Risky Blogger Nguentenpon. Jika kita melihat blognya, kita akan merasa perbedaannya pada setiap artikelnya. Beliau membuat artikel dengan satu tujuan "Mengupas habis". Mari kita mulai !

Subtopik Artikel
1. Apa itu artikel ?
2. Jenis-jenis artikel.
3. Fungsi artikel untuk blog.
4. Cara membuat artikel yang baik dan benar.
5. Bagaimana bisa artikel panjang dapat mendongkrak trafik blog ?
6. Cara membuat artikel dengan 1000 kata lebih.

Seharusnya blogger tau dong apa itu artikel, ya tapi kita kan masih belajar. Jangan menyalahkan orang yang tidak tau walaupun yang tidak dia ketahui adalah hal yang kecil dan sepele. Untuk hal itulah yang menjadi salah satu tujuan blog, untuk menyebarkan ilmu dan informasi. Artikel adalah sebuah karangan faktual yang dibuat guna di publish di majalah, koran, media cetak lainnya, blog dan lain-lain. Dengan tujuan untuk memberi gagasan, opini, hal baru dan atau pun menghibur. Menurut Kamus besar bahasa Indonesia, Artikel adalah sebuah karya tulis yang dibahas lengkap, contohnya laporan berita atau esai di majalah. 

Sangat banyak jenis-jenis artikel, oleh karena itu sangat perlu bagi blogger untuk mengetahuinya. Selain menambah wawasan tetapi juga bisa menjadi contoh ketika membuat artikel nanti dan menentukan jenis-jenis dari artikel yang kita buat.

A. Artikel deskripsi
Dalam artikel deskripsi yang akan dibahas adalah tentang keadaan suatu hal atau benda. Dalam artikel ini kita harus mampu membuat pembaca dapat tahu persis sesuatu yang sedang kita deskripsikan dengan jelas tanpa harus melihat langsung benda tersebut.

B. Artikel narasi
Artikel ini adalah artikel yang berupa fiksi atau khayalan yang dibuat oelh penulis. Penulis bisa menuliskan apa saja yang mencakup jalan cerita didalamnya. Dalam artikel narasi kita akan sering menemukan jalan cerita yang dimula dari pengenalan, permasalahan dan penyelesaian.

C. Artikel eksposisi
Artikel ini adalah artikel yang membahas tentang suatu permasalahan, biasanya didukung dengan grafik, gambar dan lain-lain.

D. Artikel argumentasi
Artikel yang berisi pendapat penulis akan suatu hal. Dalam artikel ini sangat dituntut untuk menyajikan juga bukti-bukti yang memperkuat pendapat. Tentunya artikel ini harus mampu meyakinkan pembaca buka dengan paksaan tapi dengan bukti-bukti tadi.

E. Artikel persuasi
Artikel persuasi adalah artikel yang dapat membuat pembaca melakukan sesuatu yang dibahas dalam artikel tersebut. Sehingga artikel ini membutuhkan keahlian menulis seperti pemilihan kata yang tepat untuk bisa membuat pembaca mau melakukan seperti apa yang diinginkan penulis dalam artikelnya.

Blog tidak bisa dilepas dari artikel, sedangkan artikel bisa dilepas dari blog. Maksud saya adalah artikel adalah makanan blog setiap hari. Fungsi artikel untuk blog adalah :

Asupan blog
Dengan membuat artikel setiap hari, blog kita akan memenuhi nutrisi makannya setiap hari. Anggap blog ini seperti hewan peliharaan yang harus kamu berikan makan setiap harinya, jadi berikan makanan untuk blogmu setiap hari, karena artikel ini adalah makanan pokoknya blog.

Setelah saya surfing di google, saya tidak menemukan artikel yang membahas Fungsi artikel untuk blog. Ya mungkin karena artikel dan blog itu tidak bisa dilepas. Asumsinya sederhana, seperti Apa fungsi berita di koran.

Poin-poin untuk membuat artikel yang baik dan benar adalah sebagai berikut.
1. Buat garis besar tulisan dengan cara menentukan tema. Contoh : Lingkungan.
2. Pusatkan permasalahan dari tema tersebut. Contoh : Lingkungan > Lingkungan yang nyaman.
3. Buatlah ruang lingkup yang lebih kecil lagi untuk apa yang mau kamu tulis. Contoh : Lingkungan > Lingkungan yang nyaman > Kebersihan lingkungan.
4. Selanjutnya adalah membuat skema yang bagus, yaitu dengan menulis artikel dimulai dari Definisi, tujuan, fungsi sampai menuju ke pokok pembahasan.
5. Tulisan harus logis dan dapat diterima oleh akal.

Untuk menjawab pertanyaan itu rasanya semua blogger bisa, tidak terkecuali blogger pemula. Pertanyaan itu terlalu umum dan sering, artikel panjang sangat jelas dapat membuat trafik blog meningkat dan kualitasnya juga. Kita bisa memperhatikan blog yang menyajikan artikel dengan teratur dan terstruktur dengan sedemikian rupa. Maka blog itu akan indah di mata pengunjung. Setiap pengunjung pasti menyeleksi dengan baik setiap blog yang mereka kunjungi. Setiap blog yang memberi artikel yang padat dan santai pasti akan kebanjiran pengunjung. Tidak hanya itu, artikel panjang nampak bagus di mata SEO, setiap blog yang memiliki artikel panjang pasti akan mudah ke indeks dan mudah ditemukan di google pada halaman pertama atau page one.  Jadi, sangat jelas blog dengan artikel panjang dapat menambah kualitas suatu blog dan juga menambah pengunjungnya. 

Nah, akhirnya sampai juga di pokok pembahasan kita dalam artikel ini. Membuat artikel panjang dengan seribu kata lebih tidaklah cepat dan mudah. Kita memerlukan waktu yang lumayan lama dibanding artikel pendek yang hanya mengandung 500 kata saja. Artikel panjang tidak hanya menyita banyak waktu, tapi juga menguras ide yang lebih. Kenapa ? Karena dengan membuat artikel panjang, banyak harus kita perhatikan seperti hal-hal kecil yang harus kita sampaikan juga supaya artikel yang kita tulis menjadi lengkap dan panjang. Berikut poin-poin yang harus kamu ikuti untuk membuat artikel panjang.

1. Pikirkan ide untuk artikel yang ingin dibuat
Dalam hal ini, kamu tidak hanya dituntut untuk memilih judul yang tepat dan cocok untuk membuat artikel panjang. Sebenarnya untuk setiap master pasti bisa membuat semua artikel menjadi panjang. Tetapi bagi kita yang masih belajar kita dapat memulainya dari yang terkecil seperti mencari ide yang mudah diuraikan. Contohnya : Cara membuat blog.

2. Buat daftar isi
Dalam membuat daftar isi kita harus berpikir panjang, karena ini juga mengenai apa yang akan kita bahas nantinya. Contohnya jika judul artikel yang kita pilih adalah cara membuat blog, kita dapat membuat daftar isi dimulai dari Apa itu blog, Siapa pencipta blog ?, Mengapa blogging asik ? , Bagaimana mendaftar blog ?, Mengenal fitur-fitur di blog dan Cara mengoperasikan blog.

3. Buat judul blog semakin panjang
Judul blog dibuat panjang supaya kemungkinan artikel page one jadi lebih karena banyak keyword yang kita pakai. Saya akan memberi contoh, yaitu untuk judul artikel yang sudah kita bahas daftar isinya tadi. Ingat dulu!!! kita harus memperhatikan judul artikel harus mengandung semua unsur di daftar isi. Yaitu Mendaftar, mengenal dan mengoperasikan blog serta fitur-fiturnya. Dengan begitu kamu bisa mendapat banyak peluang untuk mendapat page one google.

4. Menulis semua isi dari daftar isi yang telah dibuat
Selanjutnya adalah melanjutkan isi dari daftar isi yang sudah dibuat, mulailah dari nomor pertama pada daftar isi yang telah dibuat dan usahakan pokok pembahasan utama disajikan pada bagian akhir dari artikel.

Dengan menuliskan semua hal tersebut, maka dengan otomatis artikel yang kamu buat akan mengandung 1000 kata lebih dengan mudahnya. Tidak perlu terlalu panjang untuk setiap penjelasannya, hanya cukup daftar isinya yang kamu perbanyak maka artikelmu akan penuh dan panjang.

Untuk inspirasi kamu dalam membuat artikel, kamu bisa baca-baca dan melihat blog dari mastah artikel. Blog nguentenpon. Semua artikel yang dituliskan beliau panjang dan lengkap penjelasanya. Semoga dapat menjadi manfaat :)

Sumber referensi :
http://www.matiolestari.com
http://carakata.org/

Facebook Penulis : Kahfi rafsanjani

Dilarang mengopy artikel ini tanpa mengedit dan mencantumkan sumbernya.Hargai kerja keras orang lain.
Title: Cara membuat artikel yang baik dan benar dan lebih dari 1000 kata untuk mendongkrak trafik Blog dan kualitasnya
Posted by:rafsanjani kahfi
Published :2015-11-08T09:26:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara membuat artikel yang baik dan benar dan lebih dari 1000 kata untuk mendongkrak trafik Blog dan kualitasnya
Share this article :
+
17 Komentar untuk "Cara membuat artikel yang baik dan benar dan lebih dari 1000 kata untuk mendongkrak trafik Blog dan kualitasnya"

mantap dikupas habis nih sama agan kahfi, wajib dibaca nih untuk semua blogger ,rugi banget kalau ngak dibaca haha

saya akan mencoba masukan dari artikel agan

Thans Gan, artikelnya sangat membantu :)

kalo saya membuat artikel ngga terlalu banyak kata2 nya , ,karena pusing terlalu banyak kata2nya, ,tapi setelah baca artikel ini saya jadi pengin membuat artikel yang lebih dari 1000 kata gan, , :)

mantap nih .. nambah buat pengetahuan :)

oh jadi gitu, thanks gan sekarang saya jadi tau membuat artikel blog yang baik dan benar

mantaf mas udah baca ijin nerapin ya :)

makasih gan lengkap banget, di coba dulu.

haha......ane mau terapin tapi susah kayaknya......

wow makasi gan lengkap sekali
#KunjunganPatnert

Yapz bner bgeet gan
Tpi cpee dan agak susah gan
Tpi klo udah berhasil langsung trafik menanjak gan kaya pnya ane nii
Search cba ' 21 Fakta Wanita" yang #Gyoku Romance
Itu hampir 1000an klo gx slah gan

Google tidak kenal mendikbud dan peraturannya sih..hhhh jadi artikel apapun hanya satu ikut aturan mbah google klo nggk di banned..

mantap tuntunan menulis di blog...terima kasih infonya

bener banget gan, tapi lebih bagus karya sendiri mas

Bermanfaat bgt nie.gan. . . Artikel ane masih acak"an soal ny

║ Berkomentarlah sesuai topik ║
║ Jangan menautkan link apapun ║
║ Cantumkan judul blog (bukan url blog) untuk kunjungan balik ║
║ Admin cuma balas komentar pertanyaan bukan pernyataan ║
║ No scam > No smoking :D ║

 
Template By Kunci Dunia